Benarkah begadang menyebabkan kanker hati ?




Satu kebiasaan yang dikerap dilakukan ole anak muda terutama mahasiswa seperti seumuran saya ini ,yang sayangnya bisa memicu kanker adalah begadang . Banyak anak muda yang melakukannya karena ingin bermain game, melihat acara olahraga atau drama serial favoritnya,hingga karena ingin menyelesaikan berbagai tugas. Yang menjadi masalah adalah, kerap begadang ternyata bisa menimbulkan kanker hati. 

Pakar keeshatan menyebutkan bahwa saat begadang, tubuh akan mengalami kurang tidur dan membuat daya tahan tubuh semakin melema. Tak hanya itu, tubuh memiliki kesempatan untuk membuang berbagai macam racun dan kotoran. Padahal,organ hati kitalah yang seharusnya berfungsi untuk membuang racun dan kotoran ini. Karena kinerjanya terganggu dan banyaknya racun yang menumpuk, kanker pun bisa muncul pada hati kita. 

Selain kerap begadang, penyebab lain dari munculnya kanker hati adalah konsumsi alkohol. Banyak anak muda yang penasaran dari kenikmatan minuman ini. Sayangnya, konsumsi alkohol dengan berelbihan memang bisa menyebabkan kanker hati. 


Perlu Anda ketahui bahwa faktor risiko terjadinya kanker hati bermacam-macam, yakni karena terinfeksi virus hepatitis B dan hepatitis C, sirosis hati (kelanjutan dari infeksi hepatitis B yang kronis dan tidak segera ditangani), konsumsi alkohol secara berlebihan, diabetes, dan obesitas (penyakit yang ditandai penimbunan lemak tubuh secara berlebihan).
Gejala penyakit kanker hati di antaranya nyeri perut Ð terutama di daerah kanan Ð yang diikuti oleh pembesaran perut, penurunan berat badan tanpa sebab, mual-mual, muntah, dan sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang terlihat menguning).
Apabila Anda merasa memiliki satu-dua gejala penyakit kanker hati (meski begadang tidak ada hubungannya dengan kanker hati), kami sarankan Anda untuk segera memeriksa ke dokter. Nantinya dokter dapat mendiagnosis, apakah yang Anda alami merupakan gejala penyakit kanker hati atau bukan. Ê
Mengenai waktu istirahat, yang dianjurkan adalah 7-8 jam sehari. Hal yang perlu Anda khawatirkan jika rutinitas begadang Anda terus berlanjut adalah kondisi-kondisi sebagai berikut:
1. Depresi 
2. Penambahan Berat Badan 
3. Mengurangi Daya Tahan Tubuh 

Komentar

Postingan Populer